TP-PKK Kab. HSS Turut Berpartisipasi Lakukan Pembinaan PK2D di Desa Badaun

Pembinaan Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah merupakan program yang sudah sejak dulu dilaksanakan, hanya saja namanya berubah, dari kegiatan Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS) sekarang menjadi Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah (PK2D).

PK2D pada tahun 2021 ini, Desa Badaun Kecamatan Daha Barat menjadi desa yang ditunjuk Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk disiapkan menjadi binaan PK2D, dalam rangka menghadapi pelaksanaan penilaian desa binaan peningkatan kualitas keluarga Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kab. HSS turut berpartisipasi untuk melakukan pembinaan yang mencakup 10 program pokok PKK, bertempat di Kantor Desa Badaun, Pembinaan ini dilakukan oleh Ketua TP-PKK Hj. Isnaniah Achmad Fikry, Wakil Ketua TP-PKK Srie Astuti, SKM serta anggota TP-PKK Kab. HSS, serta dihadiri Ketua TP-PKK Kecamatan Daha Barat Yeni Kusuma, Ketua TP-PKK Desa Badaun, dan anggota TP-PKK Desa Badaun.

Ketua TP-PKK Kab. HSS Hj. Isnaniah berharap dari kegiatan pembinaan ini seluruh program kerja yang ada di PKK dapat berjalan dan terlaksana dengan baik guna tercapainya tujuan PKK dalam upaya pemberdayaan masyarakat.

Selesai pembinaan, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dinas PPKBPPPA Kab. HSS Hj. Tatik Sri Rahayu, S.Pt, MP menjelaskan PK2D tahun 2021 ini dilaksanakan di Kecamatan Daha Barat yaitu di dua desa, Desa Bajayau Tengah dan Desa Badaun.

“Desa Bajayau Tengah pada tahapannya dapat meraih penghargaan Madya. Kemudian atas rekomendasi dari provinsi, apabila sudah melalui tahap berikutnya kami diminta melakukan pemekaran, pemekaran pada kecamatan yang sama pada samping desa, jadi kami mengambil Desa Badaun. Desa Badaun kami harapkan dengan adanya intervensi semua SKPD atau lintas lembaga lainnya di Kab. HSS, masyarakat yang ada di Desa Badaun pun mendapatkan tambahan pengetahuan sehingga dapat meningkatkan pendapatan untuk keluarganya dan menjadi keluarga yang tangguh,” tuturnya.

Lebih lanjut Hj. Tatik memaparkan kegiatan ini dilaksanakan 2 kali setiap bulan, yaitu pada kelompok 1 dan kelompok 2. “Kegiatan ini selain SKPD juga didukung oleh TP. PKK Kab. HSS, GOW, dan organisasi lainnya. Selain itu juga ada BNN, kemudian yang terbaru ada bekerja sama dengan Pengadilan Agama wilayah Daha,” ungkapnya.

(Dabar, 03 Juni 2021)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *